Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Bisnis 3i-Networks dan Bisnis MLM

Perbedaan Bisnis 3i-Networks dan Bisnis MLM



Banyak orang yang beranggapan kalau 3i-Networks dan MLM itu sama, hanya karena sama-sama menggunakan sistem membangun jaringan. Tapi ada beberapa perbedaan yang tidak diketahui oleh banyak orang. Apa saja perbedaanya? Mari kita simak beberapa perbedaannya dibawah ini:

1. Legalitas
  • Kalau mau bergabung atau sebelum bergabung dalam suatu bisnis, selain pentingnya mengetahui profil perusahaan, produk perusahaan, manfaat yang didapatkan, dan salah satu yang perlu kita ketahui adalah bagaimana legalitas perusahaanya. Kalau legalitas perusahaanya saja tidak jelas, tentu bisnisnya sudah pasti ilegal (tidak resmi) atau bodong.
  • 3i-Networks adalah program yang diluncurkan oleh PT. AJ Central Asia Raya (CAR), legalitasnya terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan MLM, legalitasnya adalah terdaftar di Asosiasi Penjualan Lansgsung Indonesia (APLI).

2. Produk
  • Produk yang ditawarkan 3i-Networks adalah UNIT LINK (Penggabungan Asuransi dan Investasi). Artinya, nasabah hanya berinvestasi plus diproteksi Asuransi Jiwa dan menawarkan Investasi yang akan menjadi tabungan masa depan atau dana pensiun calon nasabah. Produknya ada di HP, ada di aplikasi 3i-Networks (Mobiss). Saldo Investasi bisa dicek di HP kapan saja.
  • Sedangkan MLM, produknya ada yang berupa barang yang dijual ke konsumen dan calon member.

3. Sistem Pemasaran
  • Sistem pemasaran produk Unit Link dari CAR 3i-Networks sama halnya dengan menawarkan Asuransi pada umumnya. Bedanya, disini lebih fokus menawarkan Investasi dan Bisnis karena manfaat Investasi dan manfaat dari Peluang Bisnisnya jauh lebih besar dibanding manfaat Asuransinya.
  • Sedangkan sistem pemasaran produk MLM, ada yang sama halnya dengan memasarkan produk pada umumnya.

4. Harga Produk
  • Harga Produk dari 3i-Networks adalah hanya membayar biaya pembelian ID sebesar 50 ribu (sekali seumur hidup) dan Premi atau Paket Investasi dengan 3 pilihan: 350 ribu per bulan, 700 ribu per bulan, 1 juta per bulan (dipilih salah satu paket sesuai kemampuan)
  • Di MLM, harga produk tidak sama.. ada Cutting Price atau potongan harga, ada harga yang lebih murah ke konsumen daripada harga ke member.

5. Pangsa Pasar
  • 3i-Networks dibutuhkan semua kalangan mulai anak usia 1 tahun sampai 75 tahun. Jadi pangsa pasarnya luas. Semua orang butuh Investasi, semua orang dari kalangan bawah sampai ke atas butuh dana pendidikan anak sekolah, dana liburan wisata rohani dan tabungan masa depan atau dana pensiun, hanya dengan Premi atau Paket Investasi yang relatif murah 12 ribu per hari atau 350 ribu per bulan selama 5 tahun.
  • Sedangkan produk MLM, tidak semua orang mampu membelinya. Contoh kecilnya, ketika kita memasarkan produk yang berupa obat-obatan yang mahal seharga 1 jutaan contohnya, tentu pangsa pasarnya atau yang bisa membeli adalah hanya kalangan menengah ke atas atau orang-orang berduit.

6. Tutup Poin
  • Di 3i-Networks, tutup poinnya hanya membayar premi atau paket Investasi 350 ribu tiap bulan selama 5 tahun. Tidak wajib mengajak orang berinvestasi.
  • Di MLM, ada tutup poin atau kejar target jual barang harus laku, supaya tetap dapat untung dan dapat bonus.

7. Omset
  • Di 3i-Networks, omset stabil dan cenderung naik tiap bulan, karena diakumulasikan tiap bulan. Contoh: bulan ini kita punya 5 nasabah. Jika 5 orang tadi mengajak nasabah masing 5 orang saja, 5 x 5 = 25 + 5 = 30. Yang 30 inilah jumlah nasabah dibawah jaringan kita di bulan depan. Premi nasabah dibawah jaringan kita, nasabah yang kita ajak, nasabah yang diajak leader kita, baik nasabah yang diajak nasabah kita, semua masuk dalam hitungan omset kita.
  • Di MLM, omset tidak stabil.. karena hasil dari penjualan bulan ini dan bulan depan, tidak selalu sama.

8. Manfaat, Bonus dan Peringkat

Ketika kita bergabung menjadi nasabah di 3i-Networks, kita mendapatkan 3 manfaat:
  1. Insurance (Asuransi). Ketika nasabah meninggal maka Ahli Waris atau pihak keluarga akan mendapatkan manfaat atau santunan Asuransi Jiwa sebesar 60 kali premi atau paket investasi yang dipilih.
  2. Investment (Investasi). Premi nasabah setelah dipotong biaya akuisisi akan terus berkembang karena dikelola di Reksadana, Equitas, Pasar Uang, dan Obligasi dengan asumsi pertumbuhan Investasi antara 6 %, 14 %, 20 % per tahun, bisa kurang dari 6 % atau lebih 20 % dari yang diasumsikan, hingga usia 75 tahun.
  3. Income (Penghasilan). Ketika nasabah menjalankan bisnisnya atau menjadi agen, nasabah mendapatkan bonus bulanan mulai 50 ribuan hingga ratusan juta per bulan dan ditransfer setiap bulan ke rekening nasabah.. bisnisnya, hanya dengan mengajak teman berinvestasi di program 3i-Networks atau CAR.
  • Di MLM, kalau tidak laku dijual, manfaat produknya ada yang bisa dipakai sendiri kalau memang dibutuhkan.

  • Di 3i-Networks, siapa yang lebih rajin dan konsisten menjalankan bisnisnya, dia yang duluan mendapat bonus yang lebih besar. Bukan yang duluan gabung. Yang terakhir gabung, tetap menguntungkan diri sendiri karena mendapatkan manfaat Investasi dan manfaat Asuransi, memiliki tabungan masa depan. Bukan seperti pandangan sebagian orang: "itu bisnis skema piramida atau skema ponzi, hanya menguntungkan yang duluan gabung"
  • Peringkat Team Agency (bonus 1 - 2 juta per bulan) tapi bisa mendapat bonus 5 juta atau 10 juta per bulan bahkan bisa lebih. Karena kenapa? Karena hanya 2 jalur pun jaringan yang berkembang, Bonus Level dan Bonus Persistensi tetap dapat bertambah tanpa batas, seiring bertambahnya nasabah di jaringan kita tanpa batas kedalaman level. Istilahnya, profesi sebagai Karyawan di suatu perusahaan, tapi gaji bisa sama dengan gaji Supervisor.
  • Di MLM, siapa yang duluan bergabung, dia yang duluan mendapat untung dari omset penjualan dan bonus yang lebih besar.

  • Bonus di 3i-Networks adalah tanpa batas mulai 50 ribuan hingga ratusan juta per bulan. Semakin banyak nasabah dibawah jaringan kita, maka akan semakin banyak omset kita dan semakin banyak pula bonus yang kita dapatkan perbulannya.
  • Di MLM, bonus terbatas hanya sampai beberapa level tertentu.

9. Tabungan
  • Di 3i-Networks, berhasil atau gagal dalam menjalankan bisnisnya, nasabah tetap mendapatkan manfaat Investasi, atau memiliki tabungan. 
  • Di MLM, Kalau tidak berhasil menjalankan bisnisnya, kalau barang tidak laku, modal tidak kembali dan tidak memiliki tabungan

10. Warisan
  • Di 3i-Networks, ketika kita baru bergabung dan menyetor premi atau paket Investasi 1 kali saja tanpa menjalankan bisnisnya, nasabah sudah mempunyai warisan untuk Ahli Waris atau pihak keluarga. Investasi dan Bisnisnya juga bisa diwariskan.
  • Di MLM, kalau tidak dijalankan bisnisnya, kalau tidak dijual produknya, tentu tidak ada bonus dan keuntungan yang bisa diwariskan.

 

Intinya.. "Semua bisnis MLM sudah pasti menggunakan sistem membangun jaringan, tapi bisnis 3i-Networks karena menggunakan sistem membangun jaringan bukan berarti bisnis MLM, dan tidak semua bisnis yang menggunakan sistem membangun jaringan itu hanya menguntungkan yang diatas atau yang duluan bergabung."

Post a Comment for "Perbedaan Bisnis 3i-Networks dan Bisnis MLM"