Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan Teknologi Informasi dan Bisnis

Hubungan Teknologi Informasi dan Bisnis

Apa Hubungan Teknologi Informasi & Bisnis?


Teknologi memiliki peran yang besar bagi aktivitas manusia sehingga antara teknologi informasi merupakan berkaitan dengan bisnis dan pengaruhnya tidak boleh diremehkan. Proses globalisasi yang berjalan begitu cepat yang memberikan pengaruhi pada cara berpikir maupun berperilaku sehingga dengan adanya teknologi informasi ini diharapkan mampu berperan didalam dunia bisnis saat ini. 


Dengan berkembangnya teknologi informasi terhadap bisnis saat ini, berdampak banyak membantu terciptanya sistem informasi yang terintegrasi dengan baik. Demi mengatasi mengatasi sekaligus membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik, maka sistem informasi yang terintegrasi itu dibuat agar lebih mudah memanfaatkan sistem kerja yang efektif dan efisien. Sehingga aktivitas atau pekerjaan kita dalam menjalankan bisnis tersebut dapat berkembang maju kearah yang lebih baik.


Merupakan istilah umum untuk teknologi apapun maka teknologi informasi merupakan teknologi yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengelola atau menyebarkan informasi yaitu teknologi informasi tentang bisnis tentunya. Seperti melakukan promosi melalui media online contohnya, otomatis dengan teknologi informasi seperti ini akan berdampak pada pengembangan bisnis kita yang semakin luas.

 

Jadi teknologi informasi jika dijalankan tanpa adanya bisnis, maka tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Dan sebaliknya bisnis pun kalau tanpa adanya  teknologi informasi maka tidak akan berkembang dengan pesat. Karena ketatnya persaingan saat ini membuat orang mencari solusi yang terbaik dalam menjalankan bisnisnya. Memanfaatkan teknologi informasi akan memudahkan melakukan komunikasi karena proses bisnis tidak luput dari komunikasi yang mana teknlogi informasi mendorong kecepatan dan tepat sasaran. Contoh saja dengan internet kita bisa melakukan pertukaran pesan melalui e-mail antar rekan kerja ataupun menggunakan aplikasi lainnya juga pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan para konsumen supaya mengetahui kebutuhan konsumennya dengan tepat sehingga memberikan dampak yang besar dan dapat mengembangkan bisnis.

 

Teknologi informasi yang diterapkan pada suatu perusahaan akan membantu proses monitoring pergerakan bisnis karena Pelaku bisnis dapat mengetahui pergerakan bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet untuk memonitor pergerakan usahanya. Juga perusahaan atau pelaku usaha dapat memonitoring kinerja karyawannya melalui pemanfaatan teknologi informasi ini bahkan perusahaan atau pelaku usaha dapat membuat planning atau rencana kedepannya untuk dapat mengembangkan usaha atau bisnisnya. Jadi metode manual atau tradisional tidak berlaku lagi seiring dengan percepatan teknologi saat ini yang semakin canggih.

 

 

Berdampak pula jika bisnis diterapkan dengan teknologi informasi ini bahwa kita bisa menghemat biaya produksi dan operasional. Perusahaan dapat melakukan pengawasan atau mengkontrol biaya-biaya yang dikeluarkanya setiap hari sehingga membantu perusahaan atau pelaku bisnis usaha dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk produk sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar. Bagaimana perusahaan atau pelaku bisnis usaha tidak untung besar dengan adanya teknologi informasi ini? Bisa dibayangkan teknologi informasi ini melalui sosial media saja seperti instagram perusahaan dapat memasarkan produknya tanpa harus bertemu langsung dengan calon pembeli atau konsumen.

 

Akses informasi dan penyebaran informasi dengan mudah terbuka jika teknologi informasi dan bisnis diterapkan bersama-sama dengan baik dan benar. Mempublikasikan baik itu berupa berita, iklan, pengetahuan dan informasi lainnya melalui jaringan internet maka akan mudah tersebar dengan cepat jika kita memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan promosi. Dibandingkan dengan menggunakan cara yang konvensional seperti menggunakan surat kabar, ataupun pemasangan iklan yang akan banyak memakan biaya dan waktu.

 

Hubungan teknologi informasi dan bisnis sangatlah erat, sehingga tidak bisa dipisahkan. Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi kita semua.  Semoga sukses..

 


Post a Comment for "Hubungan Teknologi Informasi dan Bisnis"