Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setiap Pengusaha Membutuhkan Keterampilan Pemasaran

Setiap Pengusaha Membutuhkan Keterampilan Pemasaran


Suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain adalah definisi pemasaran menurut Philip Kotler. Perangkat lunak atau teknologi yang mumpuni sudah banyak dizaman yang serba canggih ini, sering kali tidak akan menghasilkan apa-apa dalam membantu bisnis kita, jika kita tidak paham dan tidak memperhatikannya dengan baik- baik.


Pengusaha yang ingin membangun startup mereka pemasaran sangatlah penting bagi pelaku usaha saat ini. Ada yang menggunakan metode dari mulut ke mulut, secara soft selling, hard selling dan masih banyak untuk memasarkan produknya. Berikut dibawah ini adalah keterampilan pemasaran yang efektif dan efisien yang harus diketahui :



Pemasaran dalam bentuk video


Seperti halnya video testimoni yang dapat membuat konsumen percaya merupakan visualisasi penting dari kehidupan sehari-hari konsumen bahwa apa yang dipasarkan itu real dan bagus servicenya. Banyak alat di pasar yang dapat membantu dalam pembuatan video walau membuat video lebih rumit daripada membuat grafik, ini masih merupakan keterampilan yang relatif penting untuk dipelajari. Karena konsumen jika hanya berupa gambar, flyer atau banner maka mereka akan bosan.



Pemasaran dengan desain grafis


Kesan pertama yang benar-benar penting berikan identitas unik pada bisnis yang kita jalankan ini. Kita perlu sajikan, termasuk grafik, warna, dan bahkan situs web kita, adalah bagian penting dari pemasaran. Ketika melihat desain grafis yang ditampilkan konsumen mudah tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Dengan aplikasi dan program yang merajalela maka dapat membantu bisa membuat logo kita dengan mudah sekali.



Perkenalkan diri dan visi


Konsumen tahu dan masuk kedalam bisnis kita memang tidak mudah tapi juga tidaklah sulit tergantung apakah kita sudah tahu cara yang tepat memperkenalkan brand yang kita miliki. Ditengah banyaknya bisnis yang ada memang kita dituntut untuk bersaing agar produk kita juga harus dapat dipasarkan untuk membangun minat konsumen agar mereka percaya pada visi kita.



Pemasaran dengan strategi SEO atau membuat penulisan konten


Cara terbaik untuk mengarahkan konsumen adalah melalui blog kita dimana orang-orang yang mungkin menelusuri blog yang kita buat. Strategi SEO atau membuat penulisan konten banyak diminati saat ini dimana kemudahan mengakses internet bagi siapapun dan dapat menjangkau informasi dari manapun sehingga bisnis usaha kitapun dapat berkembang lebih maju.Untuk bisnis usaha kita, agar dapat menjangkau lebih banyak orang lagi penulisan konten dan strategi SEO ini dapat kita manfaatkan dengan jangkauan yang lebih luas dan dapat ditargetkan siapa saja pasar yang cocok sehingga menjadi strategi yang menguntungkan dalam jangka panjang.



Pemasaran dengan menggunakan email


Pemasaran dengan menggunakan email menambahkan lapisan personalisasi dalam email dan isi email yang dapat menarik perhatian, akan menambah nilai tambah untuk produk yang kita pasarkan. Banyak tools email yang ditawarkan kepada para pengusaha sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan dapat membantu menyiapkannya.


Faktor- Faktor Penting dalam Pemasaran yaitu :


Orientasi Konsumen

  • Tentukan kebutuhan pokok pembeli
  • Tentukan produk dan programnya
  • Tentukan kelompok pembeli tertentu
  • Tentukan penelitian pada konsumen (mengukur, menilai, tafsirkan keinginan dan tingkah lakunya)
  • Tentukan strategi

Menguntungkan dalam Volume Penjualan

  • Volume penjualan yang menguntungkan merupakan dambaan dari semua pengusaha.
  • Agar supaya perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar lagi.
  • Adanya keterampilan pemasaran akan membantu setiap wirausahawan atau pengusaha untuk maju.
Semoga bermanfaat..!

Post a Comment for "Setiap Pengusaha Membutuhkan Keterampilan Pemasaran"