Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Bisnis

Semua hal bisa dilakukan dari rumah ketika semua Teknologi, baik manual maupun digital dalam dalam bentuk data informasi dapat kita kuasai, bahkan menjadi dasar dalam melakukan bisnis usaha. Dari mulai membayar semua tagihan baik berupa tagihan telepon, internet, tv berbayar, listrik, pam dan lain - lain saja sudah menggunakan teknologi informasi yang berupa digital yaitu smartphone misalnya. Dengan cara mendownload aplikasi m-banking pada smartphone yang kita miliki, maka kita sudah bisa membayar apa saja yang kita inginkan tanpa harus keluar rumah.

Apalagi saat ini kita sedang menghadapi pandemi covid-19 yang mau tak mau segala sesuatunya dikerjakan dari rumah saja. Kitapun sebagai pekerja kantoranpun saat ini harus mampu bekerja dari rumah atau biasa disebut Work From Home (WFH).

Untuk itu Teknologi Informasi sangat diperlukan dijaman saat ini untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola. Teknologi Informasi (TI) baik bidang ekonomi maupun perbankan sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain hadir dalam bentuk aplikasi-aplikasi yang bertujuan agar melalui jaringan internet kita dapat berubah untuk dapat lebih maju dalam mengembangkan bisnis usaha kita.


Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (SIM) akan sangat memudahkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas agar supaya profitabilitas dari waktu ke waktu dapat dipantau untuk memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan.


Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam

Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam dengan sistem teknologi informasi ini sangat membantu para pelaku bisnis. Dimana sudah sangat kompetitif Dunia bisnis saat ini dimana ada banyak persaingan yang menuntut kita untuk kreatif, gigih, dan punya pengetahuan untuk maju. Maka fungsi yang diperoleh dari teknologi informasi akan membuat bisnis kita lebeh berkembang dan berhasil dengan baik tentunya jika kita menggunakannya.


Berikan Pengetahuan & Sumber Informasi

Semua informasi sudah tersedia di depan mata melalui internet hanya dengan satu klik saja. Semakin berkembang bisnis dikarenakan pengetahuan yang kita peroleh semakin bervariasi.

Untuk itu jaringan internet adalah sangat penting pada saat ini demi berlangsungnya bisnis kita kearah yang lebih baik.


Manajemen Data

Dengan adanya database maka sebagian besar perusahaan menyimpan dokumennya versi digital dari dokumen pada server sehingga dokumen - dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan tersebut. Jadi kita sebagai pelaku usaha tidak perlu lagi menggunakan banyak lemari untuk menyimpan dokumen – dokumen yang memakan banyak tempat. Gunakanlah dokumen – dokumen yang sudah discan atau difoto agar supaya bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama. Ini dikarenakan dokumen – dokumen tersebut tidak mudah rusak dan hilang.


Cara Komunikasi Dipermudah

Dalam perkembanga ilmu komunikasi jaman digital saat ini, maka email merupakan salah satunya aplikasi yang bisa digunakan. Tentunya harus memiliki jaringan internet ya untuk menggunakan email tersebut. Dengan teknik komunikasi seperti ini maka kita akan dipermudah untuk berjualan menawarkan produk yang kita miliki. Apalagi saat ini serba menggunakan smartphone. Telah tersedianya begitu banyak aplikasi – aplikasi yang bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis kita. Kita bisa menggunakan WA dan FB serta IG misalnya untuk menawarkan produk bisnis kita ke konsumen atau rekan bisnis. 


Customer Relationship Management

Sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan atau biasa disebut Customer Relationship Management (CRM) ini bertujuan agar sewaktu-waktu jika dibutuhkan maka data kronologis pelanggan bisa kita buka kembali filenya.

Itulah Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Bisnis. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Semangat pagi..


Post a Comment for "Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Bisnis"