Beberapa Dampak Perkembangan Teknologi Pada Dunia Bisnis

Beberapa Dampak Teknologi Pada Dunia Bisnis

Banyak perusahaan startup berbasis digital bermunculan akibat dari teknologi berkembang sangat pesat. Selain perusahaan baru, perusahaan lamapun mulai mengadopsi teknologi digital ini agar tidak ketinggalan dengan perusahaan startup. Dampak perkembangan teknologi pada dunia bisnis saat ini sangatlah besar dimana saat ini semua bisnis mayoritas menggunakan sistim digital. Sebenarnya semenjak tahun 1990 -an era digital ini sudah dirasakan di Amerika Serikat.

Dibawah ini merupakan Beberapa Dampak Perkembangan Teknologi pada Dunia Bisnis.


Standar Baru Untuk Calon Pekerja

Perusahaan saat ini telah menerapkan kepada karyawannya maupun calon karyawan untuk mempunyai pemahan dasar akan teknologi sekarang. Seperti pengoperasian komputer hingga penggunaan perangkat lunak untuk pengolahan data sudah dijadikan persyaratan dalam tes masuk calon karyawan. Perusahaan jaman sekarang ini rata - rata menggunakan teknologi sistem komputer yang dipadukan atau dikolaburasikan dengan smartphone yang kita miliki. Jadi dimanapun posisi kita saat bekerja, dapat dimonitor oleh perusahaan tersebut. Misalnya saja kita sudah dibiasakan untuk membuat laporan lewat foto atau video dan dikirim ke WA grup kerja, sehingga atasan kita tahu apa yang sedang kita kerjakan.


Munculnya Peluang Usaha Baru

Dengan semakin mudah untuk mengakses internet terlebih banyaknya situs e-commerce bermunculan, social media yang semakin meluas, maka hanya bermodal yang cukup kecil kita sudah bisa membuka usaha sendiri asalkan kita mau berusaha. Punyai keahlian di bidang musik contoh saja, dengan adanya aplikasi youtube maka keahlian kita sudah bisa kita tampilkan di YouTube. Begitu pula dibidang yang lain dapat kita promosikan di kanal youtube. Kita bisa berjualan melalui situs e-commerce dan lain sebagainya.


Pasar yang Lebih Luas

Saat ini setiap orang dengan mudah terhubung lewat jaringan internet yang ada untuk bersosial media dengan orang yang dikenalnya ataupun orang yang belum dikenal sama sekali. Inilah yang disebut peluang bisnis yang baik bagi kita. Karena hanya bermodal smartphone saja kita sudah bisa menjangkau komunikasi yang lebih luas dengan orang lain. Kita bisa menawarkan produk yang kita jual misalnya lewat WA, FB, IG atau yang lainnya.


Perusahaan Berbasis Digital

Seperti yang telah disampaikan diatas barusan bahwa kita bisa menawarkan produk yang kita jual misalnya lewat WA, FB, IG atau yang lainnya. Inilah yang disebut usaha bebasis digital. Karena kita bisa membuat perusahaan berbasis digital dengan bermodalkan smartphone saja sudah bisa. Apapun itu usahanya pada jaman sekarang ini yang penting ada smartphone atau Hp asalkan mau berusaha pasti bisa jalan. Contoh saja toko online, transportasi berbasis online, jasa keuangan online semua serba digital karena pasti menggunakan Hp atau smartphone.


Meningkatnya Permintaan Tenaga Kerja IT

Perusahaan yang mengadopsi teknologi digital otomatis permintaan akan pekerja IT pun semakin meningkat. Seperti programmer, system analyst, technical product manager, dan lain - lain.


Munculnya Profesi Baru

Munculnya profesi baru seperti digital marketing, data scientist, content creator, influencer adalah contoh dari sekian banyak profesi yang bergerak di era serba digital ini.


Tenaga Kerja Kecerdasan Manusia Mulai Digantikan

Tenaga kerja manusia mulai digantikan oleh mesin atau robotik disaat awal revolusi industri. Basis kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence) mulai terlihat pada tenaga kerja saat ini. Bot (robot web) contohnya merupakan sistem yang meniru perilaku manusia sudah banyak diterapkan pada divisi customer care saat ini.

Itulah Beberapa Dampak Perkembangan Teknologi pada Dunia Bisnis saat ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Salam sehat dan semangat pagi





Post a Comment for "Beberapa Dampak Perkembangan Teknologi Pada Dunia Bisnis"