Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Bisnis

Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Bisnis

Teknologi yang melibatkan pengembangan, perawatan, dan penggunaan sistem komputer adalah merupakan teknologi informasi yang banyak dipakai dijaman era digital saat ini. Dimana dengan menggunakan sistem komputer ini maka melalui teknologi jaringannya kita dapat memprosess dan mendistribusikan data melalui perangkat lunak yang ada didalamnya. 

Dalam komunikasi bisnis teknologi informasi dijaman era digital saat ini sangat dibutuhkan sekali baik dalam memproses data, juga dalam mendistribusikan data melalui jaringan yang ada. Komunikasi bisnis adalah suatu kebutuhan yang teramat penting dijaman era digital saat ini. 

Dibawah ini adalah penggunaan teknologi informasi dalam komunikasi bisnis yaitu :


Menghemat Biaya

Teknologi informasi memiliki manfaat jangka panjang dalam hal penghematan biaya, karena mengurangi man power untuk bepergian. Artinya dari komputer atau HP kita sudah bisa berbisnis tanpa harus bertemu langsung sehingga menghemat biaya operasional lapangan.

Menghemat Waktu

Selain bisa berbisnis tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen, kitapun sudah menghemat waktu, sehingga waktu yang dihemat itu bisa dipergunakan untuk mengembangkan usaha. Karena untuk turun ke lapangan saja, sudah berapa banyak waktu yang terbuang. Belum lagi kalau ada kendala pada saat kita sudah dilokasi, hujan misalnya.

Perbaikan Proses

Perbaikan proses perlu dijalankan seperti sistem perencanaan sumberdaya perusahaan, dimana perlu mengkaji ulang penjualan, biaya, serta berbagai kegiatan didalamnya. Jika tidak perlu lagi man power, maka dengan teknologi informasi yang sudah canggih, man power tersebut bisa dialih tugas ke pekerjaan yang lebih bermanfaat.

Pemasaran

Dalam metode pemasaran saat ini, kita dimudahkan dengan teknologi jaringan internet. Internet akan membawa kita ke teknik pemasaran yang efektif, dimana tanpa harus keluar kantor, kita sudah bisa memasarkan produk kita. Dengan situs internet, kita bisa membuat website atau aplikasi sosial media seperti Facebook misalnya untuk berjualan secara online.

Berinteraksi Dengan Konsumen

Berinteraksi dengan konsumen
adalah sangat penting. Dalam rangka untuk menemukan, mengikat, dan mendukung konsumen, maka dialog terbuka sangat diperlukan dalam hal ini. Gunakanlah media sosial dalam melakukannya (Facebook, WA, Zoom dan lain - lain)

Memelihara Hubungan Antara Produsen dan Konsumen

Gunakan teknologi informasi untuk merancang dan membangun serta memelihara hubungan pembeli dengan pihak pengusaha. Dengan menggunakan Facebook, WA, Zoom dan lain - lain, sudah cukup untuk memelihara hubungan dengan konsumen atau pembeli tersebut.

Menciptakan dan Mengembangkan Produk dan Jasa

Untuk menciptakan, mengembangkan, serta mengirimkan produk dan jasa kepada konsumen, maka teknologi informasi harus kita manfaatkan sebagai sarana untuk semua itu demi tercapainya hasil yang maksimal dan efisien.

Memudahkan Akses Informasi dan Komunikasi

Dengan berbagai aplikasi untuk sarana memudahkan akses informasi dan komunikasi sudah tersedia di satu alat yaitu HP atau smartphone. Lewat HP kita dapat mengkomunikasikan segala sesuatu tentang produk yang kita jual dengan pesan tulisan atau pesan suara, ataupun pesan gambar bahkan video. Misalnya saja dengan HP melalui aplikasi Whatsapp saja sudah sangat cukup untuk melakukannya.

Manajemen Data

Perusahaan dapat menyimpan dan memelihara sejumlah data penting dengan manajemen data menggunakan teknologi informasi lewat server PC, sehingga data lebih efisien tersimpan dalam waktu yang lama bahkan lewat internet pun lewat aplikasi Dropbox dapat dilakukan.

Sistem Informasi Manajemen

Perusahaan dapat melacak data penjualan, ekspansi dan tingkat produktivitasnya dengan menggunakan sistem ini yaitu Sistem informasi manajamen. Setiap saat kita dapat mengetahui profit perusahaan, sehingga perusahaan bisa melakukan perbaikan setiap saat.

Semoga bermanfaat. Salam sehat dan semangat pagi..

Post a Comment for "Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Komunikasi Bisnis"