Sarana Teknologi Dalam Bisnis

Sarana Teknologi Dalam Bisnis

Sarana teknologi dalam bisnis di era canggih saat ini semakin menunjukkan kemampuannya dalam meracik suatu keberhasilan didunia usaha. Sebut saja teknologi online yang marak dibicara orang di seluruh dunia. Teknologi ini mampu menjawab tantangan dimana dunia dalam kondisi yang tidak stabil dengan wabah pandemi covid-19 yang melanda. Dimana sebagian besar orang harus berada dirumah dalam melakukan segala aktifitasnya. Akan tetapi teknologi saat ini mampu memfasilitasinya dengan kita hanya berada dirumah, tetapi bisnis bisa jalan terus tanpa terhenti sedikitpun.

Dibawah ini adalah sarana teknologi dalam bisnis yaitu sebagai berikut :

Satelit

Satelit merupakan sebuah benda yang bekerja dengan cara mengorbitkan benda lain dalam waktu ataupun periode tertentu. Ada 2 jenis satelit, yakni satelit buatan dan satelit alam yang penggunaannya teknologi satelit ini sangatlah penting terutama dalam komunikasi bisnis. Bisnis tidak akan berjalan dengan baik, efisien, cepat dan tepat kalau tidak ada sarana satelit ini.

Telephone atau Handphone

Setelah satelit baru kita bicara sarana telephone. Telephone merupakan sarana yang amat penting diabad ini sehingga kita mampu beriteraksi dengan orang tanpa harus menemuinya langsung. Telephone saat ini telah berkembang menjadi handphone bahkan smartphone dan mampu menopang kehidupan manusia. Dimana orang melakukan transaksi bisnisnya hanya menggunakan sebuah HP atau smartphone saja.

Komputer

Komputer merupakan sarana yang digunakan untuk menjalankan fungsi bisnis dalam manajemen suatu usaha. Berbagai aplikasi, gambar-gambar menarik, iklan dan berbagai faktor pendukung keberhasilan bisnis dapat dibuat dikomputer tersebut.

Internet

Interconnection Networking  adalah kepanjangan dari Internet. Internet ini adalah sarana utama saat ini dalam menjalankan bisnis di era digitalisasi. Karena dengan adanya sarana internet ini menjadi lebih efektif dan efisien dalam komunikasi bisnis.

Enterprice Resource Planning

Salah satu sarana teknologi yang dikembangkan untuk membantu setiap orang yang ingin berbisnis yaitu Enterprice Resource Planning atau ERP. Karena sarana teknologi ini sudah mencakup sistem manajemen bisnis yang cukup baik dan terkelola secara terintegrasi. Seperti pemasukan data, pemprosesan data, penyimpanan data, serta pendistribusian data sudah otomatis.
 
E-Commerce

Perdagangan yang dilakukan dengan menggunakan macam - macam Media Komunikasi dalam Jaringan seperti media sosial, website, blog dan lain - lain biasa disebut dengan E-Commerce. E-Commerce merupakan sarana yang dipakai banyak orang dalam berbisnis dijaman digitalisasi saat ini.

E-Commerce ada tiga macam, yaitu :

  1. Internet Commerce. Adalah sarana internet yang digunakan orang untuk pembuatan iklan selain melakukan jual beli.
  2. Elektronic Data Interchange (EDI). Adalah transaksi jual-beli secara otomatis dan tidak memerlukan hardcopy, bon, faktur/ nota dengan sistem komputer yang menjadi sarana transfer data terintegrasi dan terstruktur.
  3. Electronic Markets (EMs). Adalah sistem informasi tentang harga, spesifikasi atau produk yang ditawarkan sebagai fasilitas jual beli barang.

Internet Banking

Bisnis perbankan memiliki peranan serta pengaruh yang sangat besar diera teknologi saat ini. Dimana dengan Internet Banking yang merupakan produk andalan bank, sudah menjadi sarana yang sangat memadai dalam melakukan semua transaksi keuangan para pengusaha.

Bayangkan saja hanya dengan satu aplikasi lewat HP atau smartphone yang kita miliki, dan jaringan internet yang ada, maka kita dapat melakukan transfer, cek saldo, pembayaran hingga mutasi rekening, dan lain -lain.

Itulah sarana teknologi dalam bisnis diera jaman canggih saat ini. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi semua orang. Salam sehat dan semangat pagi.


Post a Comment for "Sarana Teknologi Dalam Bisnis"