Ide Bisnis Startup dan Tips Memulainya

Ide Bisnis Startup dan Tips Memulainya

Dari bahasa Inggris yang berarti perintis. Kata startup menjadi terkenal dengan sebutan bisnis startup yang merupakan suatu bisnis yang dirintis dari awal proses usaha dimulai.

A. Pengertian Bisnis Startup

Secara harfiah pengertian dari bisnis startup merupakan bisnis rintisan yang baru dimulai. Dalam artian, bisnis ini baru penelitian dan dikembangkan oleh para pengusaha, baik usaha kecil maupun besar.

B. Perkembangan Bisnis Startup

Akan mengalami kesulitan dalam merintis, karena usia bisnis startup ini yang masih muda. Khususnya dalam melakukan promosi usaha, bisnis ini cukup kesulitan. Ini dikarenakan rata - rata usaha dalam bisnis startup tersebut baru berusia dibawah tiga tahun.

Dibawah ini beberapa karakteristik bisnis startup tersebut antara lain:
  • Usia usaha dibawah 3 tahun
  • Kebanyakan menguasai di bidang teknologi
  • Produk kebanyakan dalam bentuk digital
  • Fokus usaha pada bidang yang bergerak cepat
  • Dalam tahap berkembang
  • Umumnya transaksi atau aktivitas usaha dilakukan melalui website

C. Ide Bisnis Startup

Bermacam - macam ide yang ada dibisnis startup dalam merintis dan mengembangkannya adalah sebagai berikut:

Layanan Pendidikan

Adanya ide pada layanan pendidikan, sehingga bisnis startup ini akan memudahkan dalam melakukan urusan pendidikan, baik akses pendidikan formal maupun informal.

Pelayanan Kesehatan

Adanya ide pada layanan kesehatan yang akan memudahkan masyarakat dalam urusan kesehatan, agar dapat diakses dengan mudah dan efisien melalui fasilitas yang diberikan oleh bisnis startup ini.

Memberikan Pelayanan Hiburan

Adanya ide pada layanan hiburan yang bisa diakses melalui fasilitas yang diberikan oleh bisnis startup ini, akan membuat meningkatnya banyak peminat yang haus akan hiburan.

Memenuhi Kebutuhan Layanan Online

Adanya ide pada layanan online yang mudah dijangkau semua orang. Supaya tanpa memerlukan tenaga untuk keluar rumah dalam mengakses layanan internet. Dari rumahpun kita sudah dapat layanan online yang diberikan oleh bisnis startup ini.

Layanan Pemerintah

Adanya ide pada layanan pemerintah agar supaya melalui fasilitas yang diberikan oleh bisnis startup ini, akan memudahkan masyarakat dalam melakukan urusan berkas maupun arsip.


D. Peluang Bisnis Startup

Pengusaha harus mampu melihat peluang usaha yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, juga mampu dalam pemilihan ide dalam penerapan bisnis startup. Untuk mengetahui seberapa penting kebutuhkan konsumen maka perlu melakukan analisa pasar.

Trend bisnis startup saat ini yang sedang ramai-ramainya dibicarakan yaitu ;
  • Online shopping (E-commerce)
  • IoT (Internet of Thinking)
  • Kesehatan
  • Masalah pendidikan
  • Kecerdasan buatan

E. Tips Memulai Bisnis Startup

Ada beberapa tips memulai Bisnis Startup agar dapat bersaing di era digitalisasi saat ini yaitu :

Jangan takut gagal

Jangan takut gagal dalam berbisnis startup, karena kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Teruslah berkembang apapun kendala yang merintangi. Dengan rintangan yang kita hadapi akan membawa kita kesuatu keberhasilan yang pasti.

Cari partner usaha

Carilah partner usaha agar dapat mengembangkan usaha startup yang kita bangun. Dengan mempunyai partner usaha artinya modal kerja kita akan bertambah, sehingga kita dapat mengembangkan lagi bisnis startup kita menjadi lebih besar dan lebih baik lagi.

Bulatkan tekad dan niat

Tekad dan niat merupakan kunci suatu keberhasilan suatu bisnis yang kita tekuni. Dengan tekad yang bulat, yakinlah usaha bisnis startup kita akan maju pesat.

Bentuk kerja tim

Bentuklah tim kerja yang solid dan bertanggung jawab. Pekerjaan yang mudah dan lebih menyenangkan apabila dikerjakan dengan tim kerja yang solid dan penuh rasa bertanggung jawab.

Membuat target usaha

Selalu membuat target usaha, agar tujuan-tujuan usaha yang akan dikembangkan dapat tercapai secara maksimal.

Itulah artikel tentang Bisnis Startup. Semoga dapat membantu kita yang akan berbisnis startup. Salam sehat dan semangat pagi..


Post a Comment for " Ide Bisnis Startup dan Tips Memulainya"