Perbedaan Bisnis Online dan Startup

Perbedaan Bisnis Online dan Startup

Bisnis Online dan Startup sama - sama melakukan usahanya dengan memanfaatkan teknologi yang berbasis internet. Dengan mengikuti perkembangan jaman, bisnis online dan bisnis startup sama - sama memakai perlengkapan digital dalam menjalankan bisnisnya. Sebut saja perlengkapan digital berupa smartphone merupakan senjata andalan dalam melancarkan aksinya yaitu menawarkan atau menjual suatu produk yang ada. 

Dengan smartphone kita dengan leluasa memasarkan barang tanpa harus mengorbankan waktu dan biaya yang lebih sehingga mendatangkan keuntungan yang maksimal. Bayangkan saja kalau kita menggunakan metode konvensional, maka berapa banyak biaya dan waktu yang kita gunakan dengan berjualan keliling untuk menawarkan produk kita ke konsumen. 

Dengan menjalankan bisnis startup dan bisnis online, kita tidak perlu harus keluar untuk menawarkan produk kita. Akan tetapi cukup dengan fasilitas internet lewat HP atau smartphone yang kita miliki, maka kita sudah bisa melakukannya. Baik bisnis startup dan bisnis online keduanya mempunyai aplikasi yang sudah tersedia di HP atau smartphone yang kita miliki, sehingga tinggal kita download saja maka aplikasi tersebut sudah bisa kita pakai. Contohnya di bisnis startup ada yang namanya Tokopedia, Traveloka, Gojek dan lain - lain. Kalau dibisnis online biasanya menggunakan media sosial seperti FB, IG, WA dan lain sebagainya.


Pengertian Startup

Perusahaan rintisan biasa sebutan bagi startup yang biasanya bisnis masih baru dijalankan selama 3 tahun. Bisnis startup merupakan usaha yang diciptakan tergolong baru ada pertama kali, sehingga masih perlu pengembangan dan penelitian lebih lanjut. 

Seiring dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi, bisnis startup mulai digunakan oleh perusahaan yang menggunakan teknologi sebagai bisnis intinya. Bisnis startup telah mampu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat melalui inovasi dari beberapa perusahaan yang ada. Dalam menyelesaikan problem yang dihadapi masyarakat startup mampu menciptakan pangsa pasar baru, bahkan menjadi lead market, karena startup memiliki sifat disruptif.

Perbedaan Bisnis Online dengan Startup

Kalau bisnis online adalah inovasi horizontal yaitu merupakan upaya untuk mendatangkan teknologi ke daerah yang belum mengetahuinya. Dengan memanfaatkan internet, para pebisnis online melakukan upaya pemasaran produk dengan inovasi horizontal atau memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

Sedangkan Startup adalah perusahaan yang mendorong upaya inovasi vertikal. Maksudnya jenis inovasi yang dilakukan lewat penciptaan teknologi yang belum ada sebelumnya. Dengan memanfaatkan internet menciptakan inovasi vertikal yaitu membuka bisnis baru lewat penciptaan teknologi yang belum ada. 

Ciri-ciri perusahaan startup tersebut diantaranya adalah:

1. Sumber Pendanaan

Sumber pendanaan dari startup adalah dari para investor. Untuk itu cara agar perusahaan startup dinilai positif oleh para investor adalah meningkatkan growth yang positif, dan memiliki risiko kegagalan yang rendah. 

2. Mempunyai Platform Mobile

Selalu memiliki aplikasi mobile merupakan yang dilakukan oleh startup. Ini bertujuan agar bisa dengan lebih mudah menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat saat ini. Selain itu terutama ialah memiliki peralatan jaringan internet yang baik dan stabil.

3. Inovasi

Inovasi yang terus berjalan adalah ciri utama dari Startup. Agar perusahaan startup mampu bertahan, maka  inovasi jadi faktor penting dan utama.

4. Tingkatkan Bisnis

Startup kerap menjalani program yang diadakan oleh investor, seperti inkubasi serta akselerator agar peningkatan growth tersebut boleh berhasil tercapai semaksimal mungkin dalam bisnisnya.

Demikianlah Perbedaan Bisnis Online dan Startup. Semoga bermanfaat bagi semua. Salam sehat dan semangat pagi..

Post a Comment for "Perbedaan Bisnis Online dan Startup"