Peluang Bisnis Menjanjikan di Era Revolusi Industri 4.0

Peluang Bisnis Menjanjikan di Era Revolusi Industri 4.0

Mengaplikasikan kecerdasan buatan adalah merupakan revolusi 4.0 yang bertujuan meningkatkan pendapatan dan kualitas hidup masyarakat. Selain dapat meningkatkan pendapatan, kecerdasan buatan juga menghasilkan harga yang murah dan kompetitif. Sehingga menurunkan biaya transportasi dan komunikasi yang berdampak efisiensi dan produktivitas yang bertambah. Akhirnya pertumbuhan ekonomi ikut bertambah dengan terbukanya pasar yang baru.

Dampak Revolusi Industri 4.0 di Indonesia

1. Dampak Sosial

Kehilangan pekerjaan disana - sini akibat berkurangnya peran manusia didalam suatu pekerjaan. Sehingga dapat memicu terjadi banyak kejahatan akibat dari banyaknya pengangguran.

2. Dampak Ekonomi

Perusahaan harus mengeluarkan biaya yang tinggi untuk mengimplementasikan revolusi industri dengan adanya teknologi dan mesin baru.

Peluang Bisnis di Tengah Revolusi Industri 4.0

Peluang bisnis yang bisa dilakukan di tengah revolusi industri 4.0 adalah sebagai berikut ;

Bisnis Online

Bisnis yang sangat digemari oleh masyarakat di dunia. Bagaimana tidak, hanya dari rumah saja sudah bisa berjualan dan berbelanja. Bermodalkan smartphone, melalui media sosial atau toko online kita bisa berjualan tanpa harus keluar rumah.

Online Marketing

Sangat dibutuhkan dalam pemasaran suatu bisnis, online marketing sangat efektif untuk memasarkan barang. Akun-akun bisnis di media sosial seperti Facebook ataupun Instagram menjadi salah satu sarana untuk menjalankan bisnis usaha kita.

Fintech (Finance Technology)

Fintech atau finance technology merupakan istilah yang saat ini sering terdengar diera teknologi canggih ini yang serba digital. Dengan Go-pay, OVO, DANA, Link Aja, melalui smartphone maka kita tidak perlu ke ATM atau keluar rumah untuk melalukan pembayaran. Semua bisa dilakukan hanya menggunakan satu alat yaitu smartphone.

On-Demand Service

Merupakan layanan jasa yang hanya akan muncul di sekitar kita disaat kita memerlukannya seperti Grab dan Gojek. Layanan ini muncul dijaman teknologi saat ini dimana orang mulai menjaga akan keselamatan dirinya sehingga tanpa harus keluar rumah kita sudah bisa menjalankan aktivitas sehari - hari.

Cloud Hosting

Cloud merupakan teknik penyimpanan database, contohnya Google Drive dan Dropbox. Sering digunakan orang ditengah revolusi industri ini, Google Drive dan Dropbox adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk menyimpan data.


Strategi Yang Harus Dilakukan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Berikut adalah strategi yang harus dilakukan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yaitu :

Gunakan Internet of Things

Teknologi seperti Big Data, Autonomous Robots, Cybersecurity, Cloud, serta Augmented Reality adalah teknologi internet yang mempermudah dan menghemat biaya produksi dalam suatu pekerjaan.

Pembuatan Aturan dan Kebijakan Baru

Melakukan pembuatan aturan dan kebijakan baru yang disesuaikan dengan teknlogi internet perlu dilakukan disuatu perusahaan. Kebijakan suplai bahan baku, pembagian tugas kerja serta pemahaman karyawan tentang teknologi internet harus dilakukan demi kemajuan perusahaan.

Tingkatkan Kualitas SDM

Meningkatkan kualitas SDM merupakan suatu kebutuhan Dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Pemahaman tentang aplikasi yang ada disuatu program komputer atau aplikasi di smartphone misalnya adalah salah satu yang harus kita pelajari agar dapat menggunakannya dengan baik.

Perluas Networking

Memperluas networking akan membuka peluang-peluang yang baru selain juga harus meningkatkan layanan dan kualitas yang diberikan kepada konsumen.

Meningkatkan Barang dan Material

Dengan adanya internet dan kemudahan-kemudahan lainnya, seseorang dapat membeli produk baik dari dalam maupun luar negeri. Meningkatkan barang dan material menjadi sesuatu yang harus dilakukan agar tidak kalah bersaing dengan pebisnis yang lain.

Itulah Peluang Bisnis Menjanjikan di Era Revolusi Industri 4.0. Semoga dapat bermanfaat untuk pengembangannya bisnis ya.. Salam sehat dan semangat pagi..

Post a Comment for "Peluang Bisnis Menjanjikan di Era Revolusi Industri 4.0"