Pangunjunan Na Marparbue Nauli

Pangunjunan Na Marparbue Nauli
Foto: ilustrasi seorang ibu dan putri.
Kisah motivasi dari Tanah Batak.

Na dangol ma nian parngoluon ni Nai Sesa, nunga marumur 49 taon, sada ina na mabalu, jala holan sada do rindang ni siubeonna, ima sada dakdanak boru. Boruna boru sasada i, si Sesa ma goarna. Sorang di parmonding ni amangna, sada dakdanak boru na tung mansai uli, siboto lungun, siserep roha.

Di parmonding ni amanta i, dang adong tading-tading tano mahiang songoni tano maraek, nungga tung tungkis saluhutna andorang posi ni parsahiton ni amanta i. Nang pe songoni, Nai Sesa sada ina na burju jala na sabam marroha. Malo do ibana martonun songoni nang mangaletek, suda do ari-arina hundul unduk-unduk mamanuti manang so i martonun, jala dihalashon ibana do i sude. Nang pe dirohana tumatangis, alai dang pola dipatuduhon ibana tu boruna i.

Suang songoni ma nang si Sesa, boi dohonon ibana nama na gabe simalolong ni inongna. Di parmonding ni amanta i, nunga tung songoni haroa turpuk sijaloon ni inanta i, dilungun ni roha na i, sai tumatangis ibana di podomanna i, malungun rohana, ama na hinaholongan ni rohana, parsinuan beu i, dang boi pataruonna tu inganan na parpudi, inganan parsatongkinan, inganan na sonang i, siala apala sadari i do tong parsorang ni boruna i, gale dope pamatangna.

Opat ari ma ibana na sai mangandungi jala tumatangis i, dung i, songgot ma rohana, golap ma sude pamerenganna, nunga mahiang sude iluna, alai dang tarberengna manang aha. Mangangguk ma ibana, nunga mago hape parnidaanna, holom ma luhut portibi, ima mula ni hagolapon na nidalananna di parngoluonna, ai nunga mapitung be hape simalolongna.

Nunga dibolus ibana be sude hahassitonna, sitongka na mangido-ido ima hata na pineopna. Dihatindanghon ibana do huaso ni Tuhan i, jala diparhatutu ibana do basa-basa naung jinalona.

Nunga lobi be sampulu taon, si Sesa ma sada basa-basa nauli jala na umbalga na didapotna sian Tuhan i, denggan do di ajar ibana boruna i, asa anggiat tutu marparange songon boru ni raja si boto lungun siboto magona.

Sada borngin na mansai lungun, por udan, jala sillam na sai mangareap-reap dohot soara na mansai gogo di huta Lumban Sipahut na homi i, tonga borngin 03 Desember i, mamanuti lage do Nai Sesa, jala boruna i paiashon, patigorhon baion dohot raso lao siletekonna gabe amak. 

Nunga tung apala peut nian imbulu ni panonggorna alani ondok dohot lojana, alai asa tibu sae siletekonna dinunuti ma mamanuti huhut ma marende ibana: "Nunga loja au o Tuhan, di siulubalang ari.. Naeng tumibu au pajumpang.." Jala digogohon rohana na ingkon singkop dua lage on, ala nunga dibaga-bagahon rohana tuhor ni sada lage on himpal do pasahatonna tu huria Lumban Sipahut songon na somal, ima hamauliateonna manjumpang ari pesta "Natal", jala tuhor ni na sada nai nunga dipadanhon ibana tu si Sesa lao manggohi pangidoan ni boruna i, ima na naeng manuhor boras baen sasagun dohot itak gurgur. 

"Nanggo apala sahali tabaen songoni da oma.." Ninna boruna i.

Tibu manogotna, nunga borhat nasida nadua mangalului baion. Jala manaripari sada binanga, alani udan di bornginna i, gogo situtu do pargalussang ni aek ni binanga i.

"Dang pola boha i, hutuhuk pe ho." Ninna paposhon roha ni boruna i. Jumolo ma didodo ibana aek i dohot simanjojakna, dipabarani ma rohana, dung dituhuk boruna i manaripar ma nasida.

Tompu ditonga-tonga ni binanga i, tarbereng ni boruna i ma di dolok aek na mansai balga mardongan angka hau nabinaorna, marsurak ma ibana gogo paingothon inongna i, tarsonggot ma Nai Sesa, taroktohon ibana, digogoi ma dilangkahon simanjojakna huhut dituhuk boruna i, alai dang sanga dope dilangkahon nunga mangangguk ibana, toho tu siubeonna rorom sada hau nabolon, jala aek pe tompu nunga sahat tu rungkungna. 

Mardongan tangiang digogohon ibana mangalangka huhut dibaor aek na sumar i, dua dopa nai asa sahat tu bariba dang tarida be simajujungna, sai tumatangis ma si Sesa, mangangguk ibana di abara ni inongna i
"Oma..! Omaa...omakkkuuu...omaaaa,.."

Dang binoto marhagogohon sian dia, tompu didanggurhon Nai Sesa boruna i, dohot tanganna naung gale i sahat tu bariba, anggo ibana mabaor ma diboan aek godang i, ala dang diboto muse marlange, mullop lonong ma ibana mogap-ogap, maringkati si Sesa paihut-ihut huhut digorai inongna i.

Di na parpudi ibana mullop, mengkel suping ibana tu boruna i, huhut didok nanget di pamanganna: "Selamat Ari Natal ma di ho boru..." Lonong ma ibana, alai tanganna ma na manghilap tarsongon na mandok
 "Selamat tinggal ma di ho boru, horas ma ho.."

*******

Tinnnnn....Tinnnnn...Tinnnnn..

Sebuah mobil Porsche memasuki kampung Lumban Sipahut yang sunyi, mobil yang berplat CD yang artinya pastilah mobil dari consulat diplomatic asing.

"Bah.. ise ma naeng na ro i ate?" Kata Ompu si Gorga sambil mengamati dengan mata tuanya.

Merahnya kuah demban di sudut bibir yang menua membuatnya tampak lucu. Anak-anak kampung bertelanjang dada bahkan tanpa celana mengejar, menyentuh, membelai mobil, benda yang cukup antik dan menarik buat mereka. Orang-orang di sawah yang sedang musim mangombak sejenak menghentikan kegiatan masing-masing dan serempak melihat ke arah kampung dengan penuh tanya.

Ompu Gorga, Ompu Dimpos, Ompu Mangara, dan Ama ni Maruarar terhenyak kaget, dan mereka masuk dan menutup pintu sopo masing-masing, mereka trauma dengan wajah yang keluar dari dalam mobil, orang bule yang tinggi besar.

"Ba, ba, baaa... sibontar mata dabo... martabuni hamu..!" Teriak Ompu si Linggom doli, Ompu Linggom teringat dan trauma masa lalu ketika masa penjajahan Belanda.

"Ompung...! Bapatua.....!! Namboru..!! Au do on si Sesa.."

Perlahan sosok cantik, putih, berkaca mata hitam keluar dari mobil, dan dialah yang  menyahut. Dia adalah Sesa, ibu muda cantik, tinggi dan berpenampilan modis menggandeng tangan gadis kecil indo sekitar 4 tahunan. Di bahu kirinya tampak menyantel tas mungil merek Bottega Veneta Italy dan juga sebuah koper kecil Louis Vuitton yang di pegangannya tersangkut kertas Lutfhansa Airlines.

Tiba-tiba tiap pintu rumah, jendela, menderit terbuka, perlahan ragu tiap orang, melongo dan mulai keluar menuruni anak tangga jabu sopo. Mendengar sahutan Sesa, Ompu Sesa kembali mengingat nama Sesa dan mengingat 38 tahun lalu, tentang peristiwa yang begitu tragis yang menimpa keluarga itu. Ompu si Gorga mulai meneteskan air matanya ketika mengingat saat Sesa kecil menangis meraung-raung ketika mayat ibunya sudah ditemukan di Danau Toba. Tangis itu makin menjadi ketika peti jenazah ditutup dan dihantarkan ke tambak pekuburan Lumban Sipahut. Hidup Sesa waktu itu berubah dan hampa hingga terlunta. Kemiskinan Lumban Sipahut hampir membunuhnya, hingga suatu hari dia dibawa pergi untuk dirawat Mr. Phill seorang peneliti dari Jerman yang sedang berkunjung ke Lumban Sipahut.

"Bah... ai ho do i Sesa??"

Tanya Ompu Gorga terbata dan mendekat, dia terheran karena sosok wanita yang dihadapannya sedikitpun tidak ada tanda atau ciri Sesa yang dulu, yang kumal, rambut tak terurus, kulit kudisan. Sosok wanita ini berwajah agak bule dan tinggi. Akhirnya mereka berpelukan, dan orang-orang berdatangan, berkumpul. Sesa, Suaminya dan Stevie Sere Rumondang putri kecilnya memasuki rumah sopo kenangannya, Sesa melihat tiap bilik topas, bukkulan yang merapuh, sapang yang lapuk. Sesa berjalan ke tiang sopo di sudut, tepat di sisi galapang masih terlihat tulisan tua dari tulisan tangan Sesa puluh tahun silam: "17 Juni 1975 monding Bapa, 04 Des 1986 monding Oma, 11 Des 1986 hutinggalhon huta on."

"Mom... This is your home??" Tanya Stevie menghentak lamunannya.

"Ohh yes.. my sweet dear.. this our home."
Jawabnya dengan senyum dan mata berkaca-kaca.

Sore hari yang mendung, beralaskan amak tiar, di sopo Inangtua'nya mereka bincang-bincang dan perkenalkan suami dan boru siampudan'nya. Sesa menyampaikan bahwa saat ini, Sesa berprofesi Dokter Spesialis mata di Jerman, suaminya bertugas sebagai perwakilan diplomatik dan juga menceritakan bahwa anak pertamanya Mark Pangaloan dan adeknya George Mangatas tidak bisa hadir, karena sedang kuliah di kedokteran juga di Jerman.

Pemuda pemudi dan anak-anak tanggung Lumban Sipahut gotong royong membersihkan sopo milik Sesa. Ketika sibalik hunik mulai meredup di pastina, Sesa beserta semua tetua desa pergi ke kuburan Among dan Inong'nya. Di pusara Among dan Inong, Sesa menangis. Ulos tenunan terakhir dari Inong'nya yang selama ini disimpan Inangtua'nya kini membalut tubuhnya dan putrinya. Sambil menyiangi bunga-bunga saroha, sibagure, diatas tinambor, Sesa terus meneteskan air mata.

"Don't be sad mom... don't be cry... you know that mu grandma and my grandfa now stay in the heaven with peace... don't you?" Kata Stevie sambil memeluk pundak mama'nya.

Setelah berdoa, marsuap, Sesa menaruh bunga diatas pusara. Sesa mengajak suami dan Stevie ke tepian sungai kenangan pahitnya. Dia mematung, pandangi aliran sungai, jemarinya begitu kencang meremas jemari suaminya, nafasnya naik turun, air mata tertahan di sudut matanya mulai menghambur menetes deras basahi pipinya, bibirnya bergetar seakan ingin teriak, lalu tiba-tiba Sesa membalikkan badan mendekap kuat suaminya.

Keesokan harinya setelah mereka sekeluarga memaksakan diri menginap di sopo tua, mereka sudah siap-siap berangkat kembali, semua dongan sahuta kebagian rejeki dolar dari Sesa. Ompu si Mangasi boru atau Inangtua'nya dipercaya untuk merawat rumah, dan Sesa berjanji akan siap membantu jika diperlukan.

"Inangtua ma mamereng-mereng sopo on da.. Arga do bona ni pinasa, Inangtua." Kata Sesa sambil memberikan amplop untuk Ompu Mangasi boru

Sesa membagi bagi uangnya untuk semua yang mengantar mereka di harbangan ni huta dan Sesa juga berjanji ke semua dongan sahuta, untuk membantu anak-anak berprestasi dari Lumban Sipahut. Mereka yang berprestasi akan diberikan beasiswa, termasuk undangan bagi mereka untuk sekolah di Jerman. Sesa ingin anak-anak itu maju seperti dirinya. Sesa sadar, ternyata makanan, iklim, pola hidup, pendidikan tidak hanya mampu merubah cara pandang seseorang, akan tetapi juga berubah secara fisik. 

Pangunjunan Na Marparbue Nauli
Sopo. Sumber : Lumban Sipahut
Setelah semua selesai merekapun pergi meninggalkan kampung bona pasogit Lumban Sipahut. Kepulangan Sesa kali ini ke Lumban Sipahut, bukanlah membangun tambak kuburan beton besar Among dan Inongnya, bukan membangun cafe, bukan membangun rumah baru modern pengganti sopo. Sesa pulang untuk membangun tali kasih, membangun moral, membangun semangat intelektualitas lewat tawaran bea siswa untuk muda mudi Lumban Sipahut.

Di perjalanan huta sebelah, mereka berhenti karena ada keramaian pesta pangolihon anak. Suaminya Mr. William merekam dengan handycam semua kegiatan adat itu.

"Amang pargual pargonsi.. parindahan na suksuk.. parlompan na tabo.. na nialap manogot, tinaruhon botari.. Baen damang ma jolo gondang mulamula i.. ai marmula do na denggan, marmula do nauli..."

Bait diatas adalah kutipan ucapan permintaan atau pintapinta dari siraja hata ke pargondang (group musik gondang), sampai disitu Sesa masih merasa ada di alam masa kebatakan yang sebenarnya, terasa sakral atau benar-benar mereka telah menjalani ritual adat warisan leluhur.

Semakin lama, acara perhelatan adat berjalan dengan simpang siur, hambar dan terasa mengusik hati kecilnya. Sesa hanya tertarik ketika dijalankan pembagian parjambaran berdasarkan parompuon, selanjutnya makin jauh dan kabur dari nilai-nilai yang pernah dia tahu. 

Di bagian pemberian ulos, pemberian ulos inilah yang membingungkannya dan Sesa merasa aneh, ulos pemberian hulahula ke boru'nya diiringi dengan lagu Dangdut Batak, pemberian ulos tohonan diiringi dengan lagu Anak Medan. Pemberian ulos hela diiringi dengan lagu Mardalan inang da sikobol-kobol inang da, da mulbakhulbak inang da, da butuhana..." (Lagunya tidak sesuai, karena kebetulan simatua boru/sipemberi ulos bertubuh gemuk)

Ada apa sih? Apakah orang Batak sudah lupa Pusuk Buhit? Apa orang Batak hanya mengingat Nomensen? hingga iringan musik dari lagu buku ende mendominasi? Apakah sense musik orang Batak sudah terjajah dengan lagu-lagu TikTok?

Orang Batak di kampung bona pasogit justru melesat membias ke modernisasi, apa ini yang disebut kreativitas mengusir rasa bosan? Dimana lagu sampele-sampele siria-ria? Dimana lagu Ueee... Lugahon au da parau.. Ullushon au da alogo? Tanyanya membatin. Akhirnya mereka pun melanjutkan perjalanan.

Diperjalanan pinggir Danau Toba yang melegenda, dia melihat seakan Danau Toba mengering menangisi kita yang lupa dengan porapora. Danau mengecil dan seakan menjerit merintih karena tak sudi kita mengotori airnya dengan keramba-keramba. Berbicara tentang danau indah, danau hanya butuh belaian solu bolon dan garukan hole pada sisiknya, danau juga tak perlu ikan buntal sumbangan perantau, dia cukup puas dengan asaasa, ihan, sibahut, haruting, issor.

Sesa miris melihat musim penghujan di Toba. Desember ini, tak cukup menyejukkan kering kerontangnya bukit-bukit. Musim penghujan malah hanya jadi pengisi berita-berita dari media cetak maupun online yang mengupas tentang tragedi banjir di Sumatera Utara. Sesa berpikir, pastilah orang di Toba lebih kaya dari perantau? ya benar, karena pohon-pohon tusam, ungil, jior, sotul, mobe semua jadi uang. Pohon-pohon itu dijual untuk menjadi bubur kertas. Bukit barisan tampak seperti mahasiswa baru berbaris semasa ospek, dengan kepala gundul dan penampilan compang-camping. Sesa sedih, karena orang Toba membiarkan perusahaan dari luar Toba merusak hutan dan mengotori danau yang indah, juga menebarkan aroma busuk abadi. Sesa marah karena Toba terjajah oleh kapitalisme.

Akhirnya mereka tiba di Kualanamu. Masih banyak cerita, masih banyak berita. Semua Sesa pendam seperti sobuon, mengalir seperti Aek Sigeaon, kadang menghempas seperti deru ombak Lumban Bulbul. Kisah-kisah pahit seperti rasa bunga-bunga saroha yang tumbuh di bukit Soposurung, cerita memabukkan akal seperti tegukan tuak takkasan Haunatas. Seperti sampilpil di dolok Parsoburan menusuk di telapak kaki, sepat seperti sotul di adaran parmahanan Sitorang, hanya pokok harimonting Paranginan yang tersisa mengisi bimbang yang pekat.

Note : Cerita ini mengingatkan betapa seorang janda miskin masih mengingat perpuluhan Natal, hidup berjuang untuk keselamatan anaknya, tanpa memikirkan nyawanya. Dan sebagai pengingat: Marlaba do haburjuon. Horas

Oleh : Binton Sianturi

Post a Comment for " Pangunjunan Na Marparbue Nauli "