Dos ni roha do sibaen na saut: Pembenaran Melanggar Adat Batak

"Dos ni roha do sibaen na saut" : Pembenaran Melanggar Adat Batak
Rumah Adat Batak Toba
"Dos ni roha do sibaen na saut." Artinya: kerjasama adalah kunci keberhasilan untuk mencapai suatu hal yang direncanakan.

"Boi do bapak tirina manjalo sinamot ni boru tirina. Saonari on nunga godang na mangulahon na songoni, dos ni roha do sibaen na saut." 

Begitu pendapat sebagian orang Batak tentang kejadian boru Nainggolan yang mempermasalahkan siapa sebenarnya yang berhak menerima sinamot (mahar) ketika seorang boru Batak (wanita Batak) menikah secara Adat Batak, yang viral di akhir bulan Januari 2022 ini.

Jawaban penulis: Sah² aja bagi yang mau melanggar aturan Adat Batak (ruhutruhut ni Adat Batak). Toh, yang melanggar adat seperti ini tidak akan bisa terjerat oleh hukum negara. Jadi percuma juga dibantah. Bagi yang mau melanggar, ya silahkan..

Zaman sekarang ini apa yang nggak bisa diubah? Jadi nggak heran lagi, kalau ada oknum raja parhata dan sebagian orang Batak yang sesuka hatinya mau merubah aturan Adat Batak sesuai seleranya.

Songon hata ni umpasa:

Eme na masak digagat ursa
Ia i namasa, ima niula
Melanggar adat halak
Melanggar adat ma dohot iba

Umpasa yang satu ini sebenarnya bermakna sindiriran bagi orang yang ikut melanggar adat. "Eme na masak digagat ursa" ninna kan, bah apporotan ma ursa i dah. Ai dang adong ursa siallang eme na masak, angka na lomak do na somal diallang ursa. Molo dang, apporotan do aru-aru ni ursa i. Hata apporotan on, na marlapatan ma on molo di hata Indonesia ima: tersedak atau perasaan sakit ketika ada ada benda atau makanan yang tersangkut di tenggorokan atau kerongkongan. Resiko tersedak bisa menyebabkan kematian. 

"Eme na masak digagat ursa." Molo ni lapatan hata on, termasuk ma on na mangulahon na suhar. Molo suhar bulu ditait dongan, dohot do ho manait bulu na suhar i? Alusi ma diroham. "Ia i na masa, ima ni ula". Isarana: adong ma na mangulahon adat na marhabot ni roha, di siala na marujung ngolu natuatuana. Hape adong dope ianakhonna manang boruna na so marhasohotan, jadi ulaon na sasintongna sipatupaonna disi nian ingkon ulaon sarimatua do. Alai ala na mora, ala na maduma, ala godang sihumisikna, ala parhepeng hasuhuton i, gabe dibaen ma ulaon saurmatua. Dung i laonlaon ni ari, gabe adong ma na olo mangulahon na songon i.

Aek godang, aek laut
Dos ni roha do sibaen na saut
Alai sipata do gabe sibaen na maup

Boasa adong sibaen na maup? Angka komplotan ni parjahat (perampok atau begal) i pe, ai na mardos ni roha do halak i asa saut mangulahon hajahaton.

Dos ni roha melanggar adat pe taho, asal ma sibaen na saut, na penting cair. Daripada so marpesta kan? Sanga lari annon calon hela sigodang hepeng i.. Padahal, secara logika "dos ni roha" itu seharusnya digunakan untuk mencapai suatu rencana yang baik, tanpa ada pelanggaran. Bukan digunakan untuk tujuan melanggar aturan Adat Batak.

Isarana: adong ma sahalak doli-doli naung ditahi rohana marsangkap (rencana) naeng mangoli, jala natuatuana dohot angka sisolhotna pe nunga jotjot mandok asa mangoli. Alai ala hurang lancar karejona, jadi maol papunguhon hepeng laho tu sinamot dohot biaya pesta. Mardos ni roha ma haha-anggina manang dohot angka ibotona/laena laho mangurupi papunguhon hepeng, tujuanna boha ma asa denggan boi saut mangoli si doli-doli nangkin.

Isara na asing, adong ma sahalak na baru tammat sikkola SMA. Ditahi rohana ma mangalului karejo. Alai ala maol mura na mangalului parkarejoan, disukkuni ma sisolhotna manang ro sisolhotna i mangalehon dalan. "Dison (di tempat parkarejoanhon) ma ho karejo anaha, asal ma burju ho, jala malo² papungu hepengmu." Ninna. Singkat cerita, jadi ma karejo di tempat ni sisolhotna i. Jadi di angka rencana na denggan sisongon on ma boi dipakke hata umpasa on: "Aek godang, aek laut. Dos ni roha do sibaen na saut."

Terlepas dari tujuannya baik atau tidak, inti dari kata "dos ni roha do sibaen na saut" ini adalah kesepakatan atau kerjasama lebih dari satu pihak.

Tidak perlu bawa² ayat Alkitab, ajaran Kasih, "dang adong be holong" atau tidak sesuai dengan "patik palimahon", dan lain sebagainya hanya untuk membenarkan atau membela suatu pelanggaran adat. Karena kenapa? Ketika kamu tidak menghargai dan bahkan melanggar aturan adat yang dibuat oleh leluhurmu, bagaimana kamu bisa menghargai ajaran Alkitab?

Makna "kasih" dalam Adat Batak itu tegas, yaitu menghargai aturan Adat Batak dan menghormati semua pihak yang "berhak" ikut berperan dalam menjalankan Adat Batak itu sesuai aturan yang sebenarnya. Kita harus paham apa hak dan kewajiban kita, kita juga harus sadar diri bahwa kita tidak bisa sembarangan menerima yang bukan hak (jambar) kita. Ketika kita menerima yang bukan hak kita, ya itu kan sama halnya dengan mencuri, karena tidak menghargai pihak sebenarnya yang berhak menerima hak tadi (jauh dari makna kasih). Sifat kasih itu tidak melanggar aturan.

Perlu dipahami.. yang bisa mangamai (wali) dan berhak menerima sinamot itu harus orang yang "sedarah" dengan pengantin wanita. Yang sedarah dengan pengantin wanita itu adalah ibu kandungnya, bapak kandungnya, ito'nya (saudara laki-laki), amangtua'nya atau amanguda'nya (saudara laki-laki dari bapak kandung). Bukan bapak tirinya..

Masalah karena bapak tiri udah berjasa membesarkan dan menyekolahkan anak tirinya setinggi²nya, lalu kemudian bapak tiri berharap mendapat "imbalan jasa" dari anak tiri. Anak tiri boleh saja memberikan uang yang banyak (hepeng 1 goni, lobi sian arga ni sinamot i. Anggap aja anak tirinya tadi udah sukses, songon si Luna Maya) dan harta yang mahal ke bapak tirinya, tapi secara jalur pribadi. Bukan secara Adat Batak, bukan dengan cara harus ikut menerima sinamot. Alasannya, karena dalam aturan Adat Batak, bapak tiri itu tidak masuk hitungan atau tidak berhak menerima hak adat di pernikahan anak tirinya.

Jadi kapan seorang bapak tiri bisa menerima sinamot dari anak tirinya? Bapak tiri bisa menerima sinamot anak tirinya, kalau bapak tirinya itu adalah amanguda/uda (adik bapak kandungnya). Artinya jarang terjadi, karena sangat jarang terjadi seorang boru Batak yang ditinggal mati, lalu menikah lagi ke adik suaminya (adik iparnya).

Adat Batak itu tegas, songon hata ni umpasa:

Ompunta sijolojolo tubu
Martungkot sialagundi
Na pinungka ni ompunta na parjolo tubu
Siihuthonon ni hita pinomparna na parpudi

Dalam Adat Batak, Marga dan Adat Batak itu tidak bisa dipisahkan. Marga orang Batak tidak bisa diganti dan tidak bisa dijual. Marga bukan hanya simbol identitas kesukuan di belakang nama bagi orang Batak, tapi marga sangat berperan penting dalam Adat Batak. Karena Adat Batak menganut sistem Patrilineal.

Sistem patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan yang berasal dari pihak ayah.

Tujuan marga adalah menjunjung tinggi nilai Adat Batak, dan menjaga nama baik suku Batak

Adat Batak tidak bisa lepas dari Dalihan na tolu:
  1. Somba marhula-hula (sikap hormat kepada keluarga pihak istri)
  2. Elek marboru (sikap mengayomi kepada saudara perempuan)
  3. Manat mardongantubu (sikap berhati-hati kepada saudara laki-laki atau semarga)
Ido alana halak Batak, sai dimemehon do angka poda nauli marhite hata denggan tu angka ianakhonna. Asa burju marnatua-tua, ringgas mula ulaon, ringgas martangiang, ringgas marsiajar (rajin belajar, termasuk mempelajari sesuatu yang baru), serep marroha, malo martutur (sopan santun), jala unang olo mangulahon angka na so denggan. Tujuanna, asa unang sega do citra ni marga i, jala asa unang adong dalan ni halak lao mandege harga diri manang palealeahon nampuna marga i. Horas..

#Batak #AdatBatak #RumahAdatBatak #RumaBolon

Post a Comment for "Dos ni roha do sibaen na saut: Pembenaran Melanggar Adat Batak"