Cara Sederhana Memasak Ikan Mas Arsik

 
Cara Sederhana Memasak Ikan Mas Arsik
Cara Sederhana Memasak Ikan Mas Arsik
Ikan Mas Arsik salah satu masakan khas Batak Toba. Ikan Mas Arsik selalu ada di acara adat Batak Toba baik acara adat perkawinan dan kematian. Menu ini termasuk juga masakan yang paling populer, bahkan juga banyak orang yang menyebutkan arsik juga sebagai ikan mas bumbu kuning.

Resep spesialnya ada di cara memasak ikan mas arsik enak di bawah ini.

Bahan:
– 1 ekor ikan mas atau ikan mujahir, berat sekitar 0.7 kg (dipotong & dibersihkan)
– 1 ikat kacang panjang, potong sepanjang 10 cm (sekitar 25 – 30 batang kacang panjang)
– 1 ikat bawang batak, dipotong 2
– 2-3 bijik si Hala/ pengganti asam gelurgur
– sekitar 1 liter air untuk merebus ikan hingga lunak

Bumbu dihaluskan:
– 10 biji bawang merah
– 10 biji bawang putih
– 3 ruas jari kunyit
– 3 ruas jari jahe
– 3 ruas jari lengkuas muda
– 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
– 4 buah cabai merah keriting
– 5 buah cabai rawit merah
– 10 biji kemiri
– 2 sendok makan andaliman bumbu original, cari yang masih segar
– 1 sendok makan garam (tambahkan kalok kurang asin)

Proses Pembuatan : 
1. Siapkan ikan mas atau ikan mujahir, usahakan untuk menggunakan ikan mas atau mujahir yang masih hidup. Dibagian ini ada yang suka dengan sisiknya dibiarkan ikut masak, jika tidak suka dapat juga dibersihkan. Ambil dan bersihkan isi perut, buang kotoran dan empedu ikan. Lalu cuci ikan hingga bersih. Kalau ikan mas / mujahir ada telurnya masukkan kembali ke perut ikan yang sudah dibersihkan.

2. Untuk proses menghilangkan bau amis pada ikan mas atau ikan mujahir Anda dapat melumuri ikan yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan tadi dengan perasaan asam dan melumurinya dengan garam. Lalu diamkan untuk beberapa menit atau dapat menyimpannya kedalam kulkas

3. Masukkan semua bumbu yang akan dihaluskan ke dalam blender. Tambahkan sekitar 500 ml air asam cekala. Proses hingga bumbu halus.

4. Siapkan wajan yang cukup besar atau sedang lalu susun terlebih dahulu batang serai lalu masukkan ikan tepat di atas senggrai yang sudah disusun sedemikian rupa agar pada saat memasak ikan mas / ikan mujahirnya tidak gosong.

5. Lali tuangkan bumbu halus ke dalam kuali yang sudah berisi ikan, lalu beri air secukupnya dan aduk hingga bumbu tadi bercampur dan merata.

6. Masukkan irisan kecombrang, lengkuas dan bawang Batak ke dalam perut ikan, jejalkan hingga penuh. Lumuri seluruh tubuh ikan dengan bumbu.

7. Juga tidak lupa masukkan semua bawang batak dan kacang panjang di permukaan kuah. Masaklah dengan api kecil hingga beberapa menit hingga air sedikit berkurang kemudian besarkan api hingga menjadi sedang dan masak hingga kuah menyusut. Sebelum kuahnya menyusut kering tetap pantau rasa garam, jika masih kurang tambahin garam secukupnya.

8. Jika kuah telah menyusut dan kering, sajikan arsik ikan mas atau ikan mujahir tadi dengan nasi, porsinya kalau bisa sampai menggunung. Selamat menikmati.

Post a Comment for "Cara Sederhana Memasak Ikan Mas Arsik"