Cara Cek Website atau Domain Kapan Terdaftar

 
Cara Cek Website atau Domain Kapan Terdaftar

Website adalah sebuah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses melalui Internet. Halaman-halaman web ini biasanya mencakup teks, gambar, video, audio, dan elemen-elemen interaktif lainnya yang disajikan dalam format HTML (Hypertext Markup Language) atau format lainnya yang dapat ditampilkan oleh peramban web.

Website digunakan sebagai sarana untuk mengakses informasi, berbagi konten, berinteraksi, dan melakukan transaksi melalui Internet. Website dapat berfungsi sebagai sumber informasi, seperti situs berita, blog, dan ensiklopedia online. Mereka juga dapat menjadi platform komunikasi, seperti situs jejaring sosial, forum, dan surat elektronik.

Website dapat dibuat oleh individu, organisasi, atau perusahaan untuk tujuan yang berbeda-beda. Tujuan pembuatan website dapat mencakup penyediaan informasi, pemasaran produk atau layanan, penjualan online, pendidikan, hiburan, dan masih banyak lagi.

Sebuah website biasanya memiliki alamat unik yang dikenal sebagai URL (Uniform Resource Locator) yang digunakan untuk mengakses halaman-halaman web di dalamnya. Contoh URL adalah: "https://www.contohwebsite.com".

Untuk mengetahui kapan sebuah website terdaftar, Anda dapat menggunakan layanan WHOIS. WHOIS adalah layanan yang menyediakan informasi terkait kepemilikan dan detail pendaftaran sebuah domain.

Berikut adalah cara atau langkah-langkah untuk melakukan pengecekan website atau domain dengan menggunakan layanan WHOIS:
  1. Buka browser web Anda dan kunjungi situs WHOIS di Whois.com
  2. Di situs WHOIS, Anda akan menemukan kotak pencarian teks di mana Anda dapat memasukkan nama domain yang ingin Anda cek.
  3. Masukkan nama domain yang ingin Anda periksa dan klik tombol "Cari" atau "Whois".
  4. Hasil pencarian akan menampilkan informasi terkait domain tersebut, termasuk tanggal pendaftaran (atau "Created Date") dan tanggal kedaluwarsa (atau "Expiration Date").
  5. Lihat informasi tanggal pendaftaran untuk mengetahui kapan domain tersebut terdaftar.
Pastikan untuk memeriksa data yang ditampilkan dengan hati-hati dan menggunakan layanan WHOIS yang terpercaya. Beberapa situs WHOIS mungkin menampilkan informasi yang lebih lengkap atau lebih terperinci daripada yang lain.

Harap dicatat bahwa informasi tanggal pendaftaran yang tercantum hanya berlaku untuk nama domain tersebut, bukan untuk konten atau tanggal peluncuran website yang sebenarnya.

Post a Comment for "Cara Cek Website atau Domain Kapan Terdaftar"