Lima Teknologi dan Manfaatnya

Lima Teknologi dan Manfaatnya

Berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari telah ditemukan manusia. Untuk kehidupan sehari-hari banyak inovasi teknologi yang kini hadir diera serba canggih saat ini. Sehingga dengan hadirnya teknologi ini sangat berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Setiap hari kita memerlukan teknologi dalam kita beraktivitas.

Teknologi komunikasi misalnya yang tidak terlepas dari kegiatan aktivitas kita sehari - hari. Kita memerlukan komunikasi dengan orang lain agar kegiatan yang kita lakukan tidak salah sasaran atau tujuan. Untuk itu terciptalah HP atau smartphone sebagai alat komunikasi kita. Dengan teknologi komunikasi berupa HP atau handphone maka kita bisa berkomunikasi dengan orang untuk membuat janji bertemu misalnya. Dengan HP atau handphone kitapun dapat memastikan ke orang atau teman bisnis kita bahwa pesanan yang kita inginkan telah kita email datanya dan lain sebagainya.

Internet merupakan teknologi yang telah berhasil memudahkan manusia dengan manusia lainnya di berbagai belahan dunia untuk mengetahui beragam informasi melalui komputer misalnya. Dengan komputer yang telah terhubung dengan jaringan internet akan memudahkan kita dengan orang lain saling mengirim berita bahkan data lewat aplikasi email misalnya. Bahkan mungkin lewat komputerpun dengan aplikasi Facebook misalnya kita bisa mendapatkan rekan bisnis yang baik. Sehingga telah membuka kesempatan bagi kita untuk mengembangkan usaha kita demi keuntungan yang lebih lagi.


Mengenal Teknologi

Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani), yang artinya keahlian dan pengetahuan. Teknologi  pada awalnya hanya terbatas dengan benda-benda yang berwujud seperti mesin dan peralatannya. Teknologi mengalami perkembangan yang cukup signifikan dimana berbagai penemuan - penemuan yang bermunculan sebagai suatu kemajuan ke arah yang lebih baik tentunya.
Teknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan atau permasalahan sehari-hari.

Macam - Macam Teknologi

Inovasi teknologi telah ditemukan dan mampu memberi pengaruh besar bagi kehidupan manusia untuk digunakan dengan bijak, sehingga dapat berdampak baik untuk manusia.

Manusia berhasil membuat berbagai macam teknologi yang memiliki peranan dan manfaatnya sendiri antara lain :

Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi di antaranya ialah telepon, email, fax, smartphone dan lain sebagainya, digunakan untuk berkomunikasi dan mengirimkan informasi dengan cepat baik lewat tulisan, gambar, suara maupun video.
Dengan teknologi komunikasi ini dapat membantu meringankan pekerjaan kita sehari - hari karena tanpa harus bertemu langsung, kita sudah dapat berkomunikasi baik lewat telepon, email, fax, ataupun smartphone.

Teknologi Informasi

Teknologi Informasi yaitu diartikan sebagai suatu sistem yang berbasis komputer terutama pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang diciptakan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi secara mudah dan cepat sehingga dapat membantu manusia dalam menerima atau memberikan informasi. Internet, Televisi, Radio dan lain - lain adalah merupakan contoh teknologi Informasi yang berhasil ditemukan oleh manusia.

Teknologi Konstruksi

Diciptakan untuk membantu dan mendukung para insinyur ketika mendisain suatu bangunan atau benda yang berguna baik perorangan atau sekelompok masyarakat juga khalayak ramai/ umum sebagai fasilitas yang dapat membantu aktivitasnya sehari - hari.

Teknologi Medis

Pada umumnya teknologi ini menggunakan sarana komputer dalam mengaplikasikannya. Para medis dalam melakukan penelitian atau mendiagnosa pasien menggunakan teknologi medis ini pada alat mikroskop, CT-Scan dan berbagai macam alat bedah lainnya agar tujuannya untuk membantu mempercepat pengambilan keputusan dalam pengobatan pasien.

Teknologi Transportasi

Untuk mempermudah dalam memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya, maka digunakanlah teknologi transportasi. Awalnya terciptalah kapal layar pada tahun 3500 sebelum masehi sebagai alat transportasi laut pada jaman itu. Kemudian seiring pekembangan jaman dan teknologi maka ditemukanlah mobil dan pesawat sebagai alat transportasi darat dan udara.

Demikianlah Lima Teknologi dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi semua. Salam sehat dan semangat pagi.

Post a Comment for "Lima Teknologi dan Manfaatnya"