Manfaat dan Strategi Transformasi Digital

Manfaat dan Strategi Transformasi Digital    
Transformasi digital merupakan teknologi yang digunakan untuk mentransformasi proses analog ke digital dan lebih merujuk pada cara teknologi merevolusionerkan bisnis. 

A. Dampak Digitalisasi Dalam Bisnis

Penggunaan teknologi dalam transformasi digital adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, rantai pasokan, pengelolaan pemangku kepentingan, serta keseluruhan proses bisnis sehingga kita bersungguh-sungguh untuk menerima sepenuhnya teknologi digital ini.

B. Perusahaan Harus Memiliki Strategi Tranformasi Digital

Seluruh dunia kini melakukan bahwa harus go digital di era modern ini. Artinya transformasi digital wajib untuk dilakukan demi kelangsungan hidup yang lebih baik lagi. Disrupsi /lompatan perubahan digital  yang berdampak pada bisnis lama terbukti dengan munculnya merek-merek modern yang tidak melewati disrupsi digital. Artinya kitapun harus siap untuk melakukannya dengan langkah awal memperbarui alur kerja yang tadinya konvensional diubah menjadi teknologi digital. Sehingga semua perlalatan konvensional diubah ke peralatan serba digital.

C. Contoh Transformasi Digital

Semuanya tergolong transformasi digital adalah sebagai berikut:
  • Akun pelanggan online swalayan
  • Layanan klik dan ambil
  • Kupon belanja digital
  • Perbankan digital
  • Kartu loyalitas pelanggan digital

D. Manfaat Transformasi Digital

Tujuan menjadi bisnis yang berbasis digital, dengan cara meningkatkan brand yaitu sebagai berikut :

Menjadi lebih efisien

Proses digital menjadi lebih efisien karena semua lewat elektronik dan tidak perlu dicetak/ print out. Tanda tanganpun lewat media elektronik seperti gadget atau smartphone dan dikirimkan lewat email misalnya.

Meningkatkan pengelolaan sumber daya

Proses penyimpanan dokumen misalnya tidak menggunakan lemari lagi. Semua dokumen, data dan lain - lain cukup disimpan diserver internet melalui smartphone yang kita miliki.

Tingkatkan budaya perusahaan

Gunakan fasilitas internet melalui smartphone dengan aplikasi WhatsApp misalnya dengan membuat WA grup kerja, maka budaya saling koordinasi lewat WA grup kerja ini akan membuat kerja tim semakin maju dan solid.

Capai sasaran bisnis

Keuntungan, pengalaman pelanggan, serta digital adalah pencapaian sasaran dalam bisnis usaha. Dengan sistim digital pencapaian sasaran dalam bisnis usaha akan lebih cepat. Seperti e-niaga atau e-commerce yang melakukan kegiatan usahanya hanya menggunakan sarana online yang bisa diakses lewat smartphone.

E. Cara Membuat Strategi Transformasi Digital

Jika siap menggunakan teknologi digital, maka strategi transformasi digital harus dibuat yaitu :

Ubah metode kerja

Mengubah metode kerja perlu dilakukan kearah metode kerja  digital. Dimana proses kerja semuanya berpusat pada komunikasi dan kerja tim sehingga produktivitas tetap terjaga dengan baik dan maksimal.

Anggaran

Memiliki investasi yang cukup dibalik usaha digital akan menempatkannya pada alat yang multi fungsi. Contohnya dengan menggunakan aplikasi Dropbox kita sudah mampu menyimpan semua file dengan aman.

Tunjuk personel

Dalam melakukan transformasi digital tentunya kita memerlukan man power yang dapat membantu kita misalnya untuk mengatur konten dan juga untuk mengkoordinir media sosial. Untuk itu perlu ditunjuk personel yang berkompeten dalam hal itu.

Menentukan area transformasi

Perlu menetapkan bagian yang ingin dikonsentrasikan untuk bertransformasi sehingga dalam mempersiapkan peralatan digitalnya tidak salah sasaran.

Pemeliharaan pasca peluncuran

Perlunya memelihara keberhasilan yang konsisten dalam tranformasi digital ini. Karena setelah tranformasi digital ini berhasil, maka tugas kita selanjutnya adalah mengikuti perkembangan praktik terbaik dan dasar-dasar digital terbaru supaya bisnis kita selalu update. Kita harus menjadi bagian dari sebuah ekosistem digital yang baru dengan selalu mengembangkan profesional yang berkelanjutan agar berdampak positif pada budaya perusahaan serta mempertahankan talenta yang dimiliki.

Demikianlah tulisan tentang Manfaat dan Strategi Transformasi digital. Semoga bermanfaat. Semangat pagi dan salam sehat.

Post a Comment for " Manfaat dan Strategi Transformasi Digital"